W E L C O M E !

Search This Blog

Thursday, September 30, 2010

Untuk Pecinta Kucing! - Menghindari Kucing Kesayangan dari Virus.

Tips and Trick merawat kucing peliharaan, dan terhindar dari virus...

Para pecinta kucing perlu melakukan beberapa hal untuk menghindarkan kucing peliharaannya dari virus, rajin memandikan dan cek kesehatannya di dokter hewan. Sehingga si manis terhindar dari virus-virus yang ternyata juga bisa membahayakan manusia. Berikut beberapa virus yang ditimbulkan oleh kucing tersebut:

1. FIP (Feline Infectious Peritonitis (FIP) Radang Selaput Rongga Perut Menular adalah penyakit serius, hampir selalu berakibat kematian bagi kucing. Penyakit ini disebabkan oleh coronavirus (feline corona virus/FcoV), yaitu sejenis keluarga virus yang juga menyerang anjing, babi dan beberapa spesies virus ini dapat menyerang manusia. Tetapi virus yang menyebabkan FIP pada kucing, tidak dapat menyerang manusia.

2. Toxoplasma atau Toxoplasmosis Toksoplasmosis adalah parasit yang terdapat pada kucing, kelinci, anjing, dan kambing. Di usus binatang itulah parasit berbiak lalu telurnya keluar bersama tinja. Jika telur itu tertelan manusia, parasitnya akan berkembang biak dan masuk ke jaringan otak, jantung, dan otot yang kemudian akan berkembang menjadi kista. Wanita hamil dengan toksoplasmosis berisiko mengalami keguguran atau melahirkan bayi cacat. Sedangkan pada pria bisa menyebabkan penglihatan kabur.

3. Rabies Penyakit ini ditularkan melalui gigitan hewan penular rabies terutama anjing, kucing dan kera. Gejala hewan yang terkena rabies antara lain mata merah, lidah menjulur dan air liur keluar terus-menerus. Tak sedikit yang menunjukkan gejala tidur atau mengantuk sepanjang waktu, tapi tiba-tiba menggigit.

4. Cat Scratch Diseases Cakaran kucing juga bisa menimbulkan penyakit karena kuku-kukunya sering mengandung banyak kuman. Jika tak segera diobati, kuman-kuman itu akan masuk ke dalam tubuh manusia. Apalagi bekas cakarannya pun sembuhnya bisa lama. Agar tak dicakar, ajari si kecil untuk tidak memegang ekor kucing secara kasar dan mengejutkan.

5. CALICIVIRUS penyakit yang sehati dengan Rhinotracheitis virus yaitu virus dari golongan herves-1. Mereka sama-sama menyerang mulut, bagian tubuh atas dan kemudian menyerang keseluruh tubuh. Penyakit yang menyerang pernafasan ini sangat berbahaya bagi kucing karena bisa menyebabkan komplikasi kronis. Kucing terkena calicivirus karena adanya kontak langsung dengan hewan penderita. Kucing liar yang suka buang kotoran di taman rumah anda bisa jadi sebagai penyebabnya.

No comments:

Post a Comment